PESONA BATU BACAN PERMATA TERINDAH DARI INDONESIA

Pesona Batu Bacan Permata Terindah Dari Indonesia

Pesona, Batu, Bacan, Permata, Terindah, Dari, Indonesia
Batu Bacan
- Batu Bacan berasal dari Pulau Bacan, sebuah pulau yang terdapat di Kepulauan Maluku, tepatnya disebelah barat daya pulau Halmahera. Secara administratif pulau Bacan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Halmahera Selatan Propinsi Maluku Utara.

Asal usul dan sejarah Batu Bacan
Berdasarkan literatur yang membahas asal usul dan bagaimana batu ini berkembang ternyata secara historis pertambangan Batu Bacan lebih banyak dihasilkan di sebuah pulau yang bernama pulau Kasiruta. Sedangkan pemberian nama "Bacan" yang kini telah melekat dan dikenal oleh masyarakat luas sebenarnya dikarenakan Pulau Bacan adalah lokasi pertama dimana batu dengan warna dominan hijau sembarut biru itu pertama kali diperdagangkan. 

Jenis Batu Bacan

Batu Bacan memiliki dua jenis  yaitu,
  • Batu Acadoko: Jenis batu ini berasal dari nama sebuah desa di Pulau Bacan, tempat pertama kali batu jenis ini ditemukan. Batu Bacan Doko memiliki warna Hijau Tua.
  • Batu Palmea: adalah salah satu jenis batu lainnya yang berasal dari desa Palmea di Pulau Bacan. Batu ini berwarna Hijau Muda Kebiruan.
Pesona, Batu, Bacan, Permata, Terindah, Dari, Indonesia

Pesona, Batu, Bacan, Permata, Terindah, Dari, Indonesia

Keunikan Dan Keistimewaan Batu Bacan
Kandungan mineral Batu Bacan yang bernama latin Chrysocolla Chalcedony ini merupakan perpaduan antara mineral Chrysocolla yang memberikan efek warna biru kehijauan serta mineral Chalcedony yang membuat batu ini menjadi sangat keras yaitu 7 skala mohs. Sebenarnya mineral Chrysocolla ini merupakan batuan kapur dengan tekstur yang lunak. Namun menjadi batu yang sangat keras setelah bersenyawa dengan mineral Chalcedony. Posisi Indonesia yang berada di wilayah Cincin Api Pasifik atau "Ring of Fire" dengan banyaknya gunung api aktif secara geologis mampu menyebabkan terbentuknya batu-batuan unik secara alami.
Bacan dikenal dengan sebutan "Batu Hidup" yang artinya batu ini mampu berubah warna menjadi jauh lebih indah lagi atau yang secara istilah disebut sebagai "Super Kristal". Kemampuan Batu Bacan untuk berubah warna menjadi lebih cerah yang dalam ilmu Gemologi karena disebabkan oleh kandungan Chrysocola yang secara berangsur-angsur bergerak memisahkan diri dan keluar dari unsur Chalcedody melalui serat-seratnya. Perpisahan ini bahkan jauh lebih cepat apabila digunakan sebagai perhiasan sebab proses tersebut bisa dipengaruhi oleh suhu tubuh manusia yang cenderung hangat.
Popularitas Batu Bacan
Kepopuleran Batu Bacan dipercaya bermula pada tahun 2010 ketika Presiden Susilo Bambang Yudoyono memberikan kenang-kenangan kepada Presiden Amerika Serikat Barrack Obama sebuah batu permata berwarna hijau. Beberapa sumber menyebutkan jika sebenarnya batu permata berwarna hijau tersebut adalah batu giok Garut yang memiliki kemiripan dengan batu giok Tiongkok. Namun sentimen pasar mampu menggiring opini jika batu tersebut batu Bacan yang disinyalir memiliki harga yang fantastis. Bernilai hingga 3 milliar rupiah.
Isu positif yang dihembuskan terhadap batu Bacan akhirnya mampu mendongkrak harga jual batu Bacan yang semula berkisar di angka ratusan ribu, kini bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Hal ini pula yang akhirnya membuat batu Bacan khas dari Maluku tersebut diminati bukan hanya dari pasar lokal, akan tetapi juga dari mancanegara.
Ciri-ciri Batu Bacan Asli
1. Mampu menggores kaca

Hampir sama dengan cara membedakan batu akik dan batu mulia asli yaitu apabila digesekkan ke sebuah kaca maka kaca tersebut akan tergores. Hal ini disebabkan karena tekstur batu yang jauh lebih keras dibanding kaca hingga mampu membuat kaca tergores.

2. Berserat

Jika ada istilah tak ada gading yang tak retak, maka begitu pun halnya dengan batu. Semua batu pasti memiliki serat meskipun sangat halus. Jadi apabila ada batu yang benar-benar mulus tanpa serat, maka justru malah dipertanyakan keasliannya.

4. Perangkat layar sentuh

Pembuktian dengan perangkat komunikasi layar sentuh/touchscreen (ponsel, iPad dan sebagainya) kerap menjadi salah satu jenis cara alternatif yang sering dipakai untuk mengetes keaslian dari batu Bacan. Meskipun belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan alasan mengapa batu Bacan bisa mengoperasikan perangkat layar sentuh, namun sebagian orang percaya bahwa kandungan mineral serta medan magnet yang terdapat pada batu Bacan menjadi salah satu faktor pemicunya. Untuk saat ini, pembuktian ini hanya berhasil dilakukan pada batu Bacan saja.

3. Bersertifikat

Sebagian batu Bacan yang asli kini telah dilengkapi dengan sertifikat. Namun biasanya batu bacan yang bersertifikat memiliki harga yang lebih mahal daripada yang tidak bersertifikat.

4. Gemolog

Untuk batu bacan yang tidak bersertifikat, Anda bisa cek keasliannya dengan cara meminta bantuan kepada gemolog atau pakar batu mulia.   


Dari berbagai sumber    



   

0 komentar:

Posting Komentar