DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF AKIBAT PEMBANGUNAN INDUSTRI

Dampak Positif Dan Negatif Akibat Pembangunan Industri


Dampak, Positif, Dan, Negatif, Akibat, Pembangunan, Industri
Pencemaran limbah industri terhadap lingkungan

- Seperti yang sudah kita ketahui Pembangunan Industri di samping menimbulkan dampak positif bagi kesejahteraan manusia juga dapat menimbulkan dampak negatif akibat limbah industri terhadap lingkungan.

Limbah yang mencemari lingkungan akan mengakibatkan perubahan kondisi lingkungan itu sendiri. Perubahan lingkungan baik fisik, kimia maupun biologis akan menyebabkan menurunnya kualitas lingkungan yang pada akhirnya akan mempengaruhi keseimbangan ekosistem serta menurunnya daya dukung lingkungan.

Flora dan Fauna merupakan komponen lingkungan yang penting juga tidak akan luput dari pengaruh-pengaruh buruk dari lingkungannya. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Pengaruh tidak langsung dapat melalui siklus makanan, Misalnya seperti logam Hg yang masuk ke perairan akan diterima oleh bakteri, kemudian bakteri akan dimakan oleh plankton, Plankton disantap oleh ikan hingga akhirnya dari ikan akan masuk ke tubuh manusia.

Pencemaran udara misalnya oleh SO2 telah diketahui menurunkan kadar klorofil pada lumut kerak (linchenes) yang juga dapat menurunkan populasi. SO2 juga dapat menurunkan hasil pertanian. Bukan itu saja SO2 juga dapat menimbulkan beberapa penyakit pada manusia seperti Bronchitis dan penyakit hati.

Penurunan kualitas lingkungan juga dapat menyebabkan penurunan produksi perikanan atau dapat menyebabkan punahnya flora dan fauna akuatik.

Telah sama-sama kita ketahui bahwa flora dan fauna mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Terutama sebagai sumber daya hayati yang dapat diperbaharui, yang dapat mendukung lajunya pembangunan maka seharusnya harus di pertahankan dan di tingkatkan pelestariannya. sehingga pembangunan yang berwawasan lingkungan dapat terwujud.       

0 komentar:

Posting Komentar