Jenis Saus yang Berbahaya Bagi Tubuh


Saus sampai kini diyakini sebagai bahan pelengkap makanan instan dan enak, dikarenakan bisa memberikan rasa makanan yang kita makan menjadi lebih enak disantap. Sebagian orang ataupun juga kamu mungkin tergolong ke dalam kelompok orang yang menyukai saus.

Tetapi tahukah kamu ? seperti ditulis dari care2. com sebagian type saus memiliki efek yang bisa membahayakan tubuh dikarenakan kandungan bahan kimianya. Dampak ini bisa memengaruhi system metabolisme tubuh.  Ke empat saus itu sebagai berikut.

  • Mayones

Satu diantara bahan utama dalam pembuatan mayones yakni saus kedelai. Saus kedelai bisa menyebabkan berbagai masalah jantung serta juga menyebabkan diabetes dan obesitas, ini dikarenakan adanya kandungan lemak trans di dalamnya. Maka dari itu, jika Kamu mau menjadikan mayones lebih sehat, Kamu dapat membuatnya dari campuran kuning telur, minyak zaitun, mustard, cuka, serta sedikit garam.


  • Sour cream

Sour krim ataupun cream asam merupakan pendamping yang pas untuk camilan seperti biskuit asin ataupun keripik kentang. Tetapi sour krim memiliki kandungan lemak jemu dikarenakan kandungan fermentasi susu yang ada di dalamnya. Sour krim juga memiliki kandungan kalsium sulfat, sodium fosfat, serta pengawet sorbate kalium.


  • Saus tomat

Sirup jagung berfruktosa tinggi merupakan bahan utama dalam pembuatan saus tomat yang dicampur tomat serta air. Tetapi suatu riset mengungkap bahwasanya satu sendok saus tomat diisi 4 gr gula.

  • Saus steak ataupun saus barbekyu

Saus steak umumnya terbuat dari cuka, pure tomat, sirup jagung, dan rempah-rempah yang dikeringkan, serta pewarna karamel. Saus ini tak ada kandungan hewani yang menjadikannya menjadi terasa gurih. Maka dari itu, alangkah baiknya jika Kamu membatasi konsumsinya.


Saus berperan sebagai penguat makanan. Buat saus Kamu sendiri dengan beberapa bahan yang alami supaya Kamu tak usah memakan saus buatan pabrik yang memiliki kandungan banyak bahan kimia.



0 komentar:

Posting Komentar