Langkah-langkah dalam Pemecahan Masalah


Semua orang pastinya punya masalah. Masalah bisa kecil, bisa besar dan banyak lagi macamnya.  Mulai dari masalah cinta, masalah keunangan, masalah ekonomi, masalah bisnis, masalah agama, dan pokoknya banyak sekali. Kebanyakan orang tidak mamu menghadapi masalahnya dengan baik, bahkan menjadikan masalah hanya sebagai beban pikiran. Seharusnya masalah itu bukan untuk dijadikan pikiran, tetapi masalah perlu dihadapi dan dicari jalan keluar. Berikut adalah beberapa langkah dalam pemecahan masalah (problem solving) yang mungkin dapat membantu Anda ketika mengalami masalah :

1# Meminta petunjuk kepada Tuhan
Ini adalah tahap pertama supaya Anda dimudahkan dalam pemecahan masalah. Anggap saja masalah adalah sebuah cobaan dari Tuhan dimana Anda perlu menghadapinya.

#2 Merumuskan Masalah
Untuk merumuskan masalah silahkan perhatikan baik-baik apa masalahnya. Kemudian uraikan dengan serinci mungkin. Jangan terlalu sering menyalahkan diri sendiri bahkan orang lain. Dan pahami kenapa Anda bisa mengalami masalah ini. Apa penyebabnya sehingga masalah ini muncul.

#3 Menemukan Jalan Alternatif Untuk Pemecahan
Setelah Anda merumuskan masalah dan mengetahui beberapa penyebabnya. Saatnya Anda berpikir beberapa alternatif untuk pemecahan. Kalau bisa tulislah semua yang ada dalam otak Anda di atas kertas. Silahkan tulis apa saja yang mungkin bisa Anda lakukan untuk memecahkan masalah ini.

#4 Memberikan evaluasi pada alternatif pemecahan
Setelah Anda mengetahui dan berhasil menulis jalan alternatif untuk memecahkan masalah. Silahkan evaluasi satu per satu keputusan Anda, apa resiko yang terjadi bila memilih arternatif ini atau itu. Dan apa keuntungan jika memilih alternatif pemecahan yang ini atau yang itu. Silahkan seleksi pilihan Anda !

#5 Memilih arternatif pemecahan masalah terbaik
Setelah Anda evaluasi semua alternatif pemecahan. Saatnya Anda pilih yang menurut Anda paling baik. Yakni, alternatif pemecahan yang tidak terlalu beresiko dan juga memiliki hasil yang memuaskan sehingga mampu memilih dengan baik. Anda harus bijak dalam memilih keputusan !

5# Melaksanakan pilihan
Setelah Anda memiliki keputusan ini, saatnya Anda melaksanakan atau praktek dengan baik sesuai yang Anda rencanakan sebelumnya ketika sedang evaluasi. Jalani pilihan dengan hati-hati dan usahakan jangan melakukan kesalahan.

6# Lihat dan Nilai hasilnya
Anda sudah melakukan pemecahan masalah, saatnya Anda menilai hasilnya. Apakah saat itu masalah sudah bisa teratasi ? Jika sudah maka selamat Anda sudah menjadi orang yang bijak dalam memecahkan masalah. Tetapi jika Anda masih gagal, Anda bisa mengulangnya lagi jika masih ada kesempatan. Dan jika sudah tidak ada kesempatan, mungkin Anda sudah mengetahui banyak hal tentang itu sehingga memberikan pengalaman bagi Anda.


Sekarang saatnya Anda mempraktekannya, tak ada waktu lagi untuk terus berpikir dan melamunkan seburuk apapun masalah Anda. Anda harus segera melakukannya supaya masalah Anda cepat selesai, karena jika tidak Anda selesaikan sekarang juga. Maka di waktu selanjutnya, jutaan masalah menanti di hidup Anda. Saatnya Anda hadapi dan selesaikan masalah satu per satu !

0 komentar:

Posting Komentar