10 PENEMUAN ARKEOLOGI PALING KEREN DI TAHUN 2014

10 Penemuan Arkeologi Paling Keren Di Tahun 2014


Berkat kerja keras para Arkeolog, kita bisa belajar lebih banyak lagi dalam satu tahun terakhir ini tentang Monumen Stonehenge yang masih menjadi misteri, Kematian mengerikan Raja Richard III dan ereksi mumi Raja Tut. Serta penemuan sebuah makam kuno di Yunani yang memperlihatkan seni budaya Neanthertal.

Berikut 10 Penemuan Arkeologi Paling Keren  Di Tahun 2014 yang dapat kami sajikan,  

1. Makam Alexander Agung di Amphipolis, Yunani

10, Penemuan, Arkeologi,Paling, Keren, Di, Tahun, 2014
Mosaik ini menggambarkan penculikan Persefone

Penemuan komplek makam mewah berusia 2.300 tahun di Amphipolis, sebuah kota pantai kuno di Yunani telah menjadi berita nasional yang menghebohkan di Yunani. Pada bulan Agustus 2014 para arkeolog Yunani berhasil menemukan komplek pemakaman terbesar yang disebut-sebut sebagai yang terbesar yang pernah di temukan di Yunani. Para penggali menemukan Patung Sphink yang sudah rusak, dua patung wanita yang disebut pilar-pilar, lantai dari mozaik yang masih utuh dan beberapa bahan dari skeletal yang masih menunggu penelitian lebih lanjut.

2. Monumen Stonehenge

10, Penemuan, Arkeologi,Paling, Keren, Di, Tahun, 2014
Gambar dari udara ini menunjukan "lubang batu"

Sebuah survei sekitar Stonehenge di Inggris, Para peneliti berhasil menemukan sedikitnya 17 kuil Neolitik. Berita ini langsung tersebar di media masa Inggris.

Stonehenge merupakan monumen utama sebagi tempat ritual. Banyak orang yang datang kesana dari berbagai penjuru dunia untuk melihatnya kata pemimpin proyek Vincent Gaffney, seorang arkeolog di University of Birmingham, mengatakan kepada Live Science pada bulan September. "Itu bagian dari pemandangan yang jauh lebih kompleks dengan kegiatan prosesi ritual dan yang pergi di sekitarnya."

3.  Penemuan Kapal Karam Di Bawah Reruntuhan World Trade Center 

10, Penemuan, Arkeologi,Paling, Keren, Di, Tahun, 2014
Cincin di kayu oak putih yang digunakan untuk membangun kapal mengungkapkan bahwa kapal itu dibangun sekitar 1773 di dekat Philadelphia.

Pada musim panas 2010, Tim arkeolog secara tak terduga menemukan kapal karam seukuran bus sekolah di bawah reruntuhan World Trade Center yang rubuh pada tahun 11 September 2001 lalu akibat serangan teroris.

Tahun 2014 ini para peneliti berhasil menemukan perincian kapal yang diperkirakan di buat pada tahun 1773 di sebuah galangan kecil dekat Philadelphia. Menurut penelitian kayu kapal yang di temukan sama persis dengan kayu yang ada di Philadelphia Independe Hall yaitu kayu hutan pohon oak.

4. Tengkorak Raja Richard III

10, Penemuan, Arkeologi,Paling, Keren, Di, Tahun, 2014
Raja Richard III kerangka, termasuk tengkoraknya, yang ditampilkan di sini, ditemukan selama penggalian arkeologi di Leicester pada tahun 2012.

Setelah hilang dari sejarah, Tengkorak dari Raja Inggris Richard III berhasil di identifikasi dengan kecocokan DNA dua saudaranya yang lain. Serta mengkonfirmasikan bahwa tulang tengkorak yang ditemukan di pelataran parkir, Leichester, Inggris pada tahun 2012 itu adalah benar-benar milik Raja Richard III.

Dalam sebuah otopsi diketahui bahwa Raja Richard III wafat dalam peperangan akibat pukulan benda tumpul di kepalanya.

5. Naia

10, Penemuan, Arkeologi,Paling, Keren, Di, Tahun, 2014
Menggunakan fotografi, videografi, pemodelan tiga dimensi dan minimal sampling, peneliti mempelajari kerangka seorang gadis remaja.

Di bagian bawah dari sebuah gua bawah air yang disebut Hoyo Negro ("Black Hole") di Semenanjung Yucatan, Meksiko, penyelam menemukan kerangka yang hampir lengkap dari seorang gadis remaja. Dijuluki "Naia," gadis itu ditemukan bersama gravemates bertaring tajam seperti kucing, puma, sloth, dan beruang. Para peneliti mengatakan Naia dan hewan itu jatuh dan meninggal sekitar 12.000 sampai 13.000 tahun yang lalu, sebelum lubang diisi dengan air ketika gletser dunia mulai mencair.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa DNA dari sisa-sisa Naia yang menyerupai DNA asli Amerika . Penemuan, yang dilaporkan pada bulan Mei di jurnal Science, bisa membantu memecahkan perdebatan lama atas identitas orang Amerika pertama.


6. Arkeologi Syria mulai Punah

10, Penemuan, Arkeologi,Paling, Keren, Di, Tahun, 2014
 Kehancuran di Homs, Suriah

Situasi politik yang melumpuhkan di Suriah telah menjadi sedikit penelitian para arkeologi. Para arkeolog telah berpaling ke foto udara untuk belajar tentang keadaan reruntuhan kuno Suriah.

Lima dari enam situs Warisan Dunia UNESCO Suriah menunjukkan "kerusakan yang signifikan," dan beberapa bangunan sekarang "menjadi puing-puing," menurut analisis citra satelit oleh Asosiasi nirlaba dan nonpartisan Amerika untuk Kemajuan Sains (AAAS). Sementara itu, Sekolah Amerika untuk Penelitian Oriental diberi $ 600.000 hibah dari Departemen Luar Negeri AS untuk mendanai Warisan Budaya di Suriah selama satu tahun.  


Pada pertemuan tahunan organisasi bulan lalu di San Diego, para peneliti melaporkan bahwa 63 dari 400 situs arkeologi merekadi penjarahan terkait perang. 

7. Istri Jesus

10, Penemuan, Arkeologi,Paling, Keren, Di, Tahun, 2014
Papirus ini, dikatakan dari zaman kuno, mengatakan bahwa Yesus memiliki seorang istri. Penemuannya diumumkan pada tahun 2012 dan informasi baru ditemukan oleh Live Science

Pada tahun 2012 lalu Profesor Karen Raja dari Havard University Keilahian mengumumkan penemuan sensasional dari papirus fragmen kecil yang di tulis dalam bahasa Koptik berisi teks referensi dari Yesus ke Bunda Maria yang berbunyi "Yesus berkata kepada istri saya, dia akan menjadi muridku". Maria Magdalena adalah mungkin istri Yesus.
  
8. Mummi Keju
10, Penemuan, Arkeologi,Paling, Keren, Di, Tahun, 2014
Benjolan keju, ditunjukkan dengan panah, dikumpulkan dari leher dan dada mumi perempuan yang dikenal sebagai "Beauty of Xiaohe." Inset menunjukkan tampilan yang diperbesar dari benjolan keju

Para ilmuwan arkeologi telah berhasil menemukan gumpalan keju yang terselip di dada seorang mumi berusia 3.800 tahun di pemakaman Xiaohe, di padang gurun China. Yang sebelumnya keju tertua ditemukan pada abad ke-6 masehi.

Sebuah analisis kimia menunjukan bahwa gumpalan tersebut adalah benar-benar keju.   menurut penelitian di Journal of Archaeological Science. Keju yang mungkin tersisa di kuburan sebagai camilan untuk dinikmati di alam baka.

9. Mumi Raja Tut Ereksi


10, Penemuan, Arkeologi,Paling, Keren, Di, Tahun, 2014

 Sebuah patung kepala Tutankhamun terbuat dari kayu ditutupi dengan plester dan kemudian dicat. Patung ini ditemukan oleh Howard Carter di makam Firaun.

Para peneliti telah lama mencatat beberapa anomali pembalseman Raja Tutankhamun. Firaun muda dimakamkan di sebuah makam mewah di Mesir Lembah Para Raja, jumlah yang berlebihan pada minyak hitam dan resin goolike diterapkan ke tubuhnya, dan penisnya yang mumi tegak pada sudut 90 derajat. Sebuah penelitian terbaru di jurnal Études et Travaux menunjukkan bahwa penguburan biasa Raja Tut adalah bagian dari upaya yang disengaja untuk melawan revolusi religius dilepaskan oleh ayahnya.

Ayah Raja Tut, Akhenaten, terkenal karena berusaha untuk memperkenalkan monoteisme ke Mesir. Dia ingin agama berpusat pada penyembahan Aten, lingkaran matahari, dan menghancurkan gambar allah lain. King Tut, sementara itu, sedang berusaha untuk membawa kembali politeisme selama pemerintahannya. Untuk menekankan bahwa kembali ke tradisi, pembalsem Tut mungkin telah mencoba untuk membuat raja terlihat seperti Osiris, dewa Mesir bawah, yang sering digambarkan dengan penis yang sedang ereksi untuk membangkitkan kekuatan regeneratif nya.


10. Karya Seni Manusia

10, Penemuan, Arkeologi,Paling, Keren, Di, Tahun, 2014
Rangkaian garis miring dan "M" zigzag -berbentuk "pada shell yang berusia antara 540.000 dan 430.000 tahun mewakili beberapa seni yang paling awal yang pernah ditemukan

Kadang-kadang, penemuan besar datang dalam skala kecil. Tahun ini, dua studi terpisah dari penemuan seni, lukisan sederhana meragukan apakah manusia modern yang benar-benar membuatnya atau  spesies Homo memiliki seni yang diciptakan. Sebuah ukiran geometris di atas batu di belakang gua di Gibraltar mungkin telah dibuat oleh Neanderthal, kerabat terdekat yang dikenal manusia modern, sekitar 40.000 tahun yang lalu, menurut sebuah studi dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences. Para peneliti mencoba untuk menciptakan etsa gridlike mengatakan ukiran ini bukan karya yang memang benar-benar dibuat manusia.

Awal bulan ini, kelompok lain dari para ilmuwan di Jawa, Indonesia, yang dilaporkan dalam jurnal Nature bahwa mereka menemukan serangkaian garis miring dan "M" zigzag -berbentuk "pada tempurung yang berusia antara 540.000 dan 430.000 tahun. Mereka dibuat dalam coretan oleh Homo erectus, nenek moyang manusia modern. dalam kedua kasus, tidak jelas apa artinya (jika ada) "karya seni" yang diselenggarakan, namun studi menunjukkan nenek moyang manusia dan kerabat punah mampu berpikir abstrak.


Itulah Sepuluh Penemuan Arkeolog Paling Keren Di Tahun 2014. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. 

Sumber: discovery.com 




 

0 komentar:

Posting Komentar