Tips Menghargai Teman/Sahabat

sahabat

Teman atau sahabat menjadi bagian sangat penting dalam hidup kita, bahkan bisa dikatakan sangat penting pake banget lagi, heheh. Sahabat terutama saat kita masih remaja seperti sekarang ini, bisa menjadi teman hidup, bahkan bisa lebih dekat dari pada dengan orang tua. Tetapi dalam persahabat, pasti terkadang ada cecok, atau bertengkar karena kesalahpahaman atau perbedaan pendapat. Yahh kita sadari lah, Allah terlalu kreatif sehingga semua orang diseluruh dunia tidak ada yang sama. Nah, Orang yang bijak adalah bukan orang yang selalu dihargai, tetapi orang yang bisa menghargai dan mampu menerima perbedaan yang ada. Tapi itu sangat sulit untuk kita lakukan terlebih diusia kita remaja saat ini. Usia dimana semua orang lebih mementingkan egonya dan masih terombang-ambing oleh sulitnya kehidupan, dan mudahnya dipengaruhi serta gampang terpancing emosi.

Kita kaum remaja harus bisa sadari itu semua, dan itu pasti terjadi dalam diri kita. Tetapi, semua itu pasti ada ilmunya, dan bisa dipelajari (masa mau mementingkan ego sendiri sampe tua, gak mungkin banget,hehe).

Nah Bagaimana caranya kita belajar cara menerima perbedaan seorang sahabat? dan bagaimana kita menghargai suatu perbedaan tersebut? nah itu yang musti kita pelajari. Bagaimana cara mempelajarinya?

heheh sebenarnya cra yang paling ampuh adalah melalui kesadaran kita sendiri untuk berubah dan kita belajar dari pengalaman kita berteman dengan berbagai macam tipe orang, oke berikut akan sedikit saya bagikan cara Menghargai seorang sahabat, agar kita tetap akur dengan sahabat kita.

MENDENGARKAN
Sahabatmu akan merasa dirinya penting apabila omongan dan keinginannya kamu dengerin dengan perhatian full. lakukan kontak mata dengannya (artinya tataplah matanya pada saat ia ngomong)

EMPATI
Biarkan sahabatmu tau kalau kamu pun bisa menghargai apa yang dia rasakan

IDENTIFIKASI
Kembangkan pola pikir yang sama, dan coba rasakan apabila kamu yang ada diposisinya ”Jika situasi dibalik,maka aku pun akan merasakan hal yang sama sepertimu”

”APALAGI?”
Ketika sahabatmu itu ingin melanjutkan ceritanya, cepatlah kamu bergegas untuk mengatakan ”apalagi?” atau ”terus gimana lanjutannya?”
orang yang sedang jengkel,marah,senang,sedih akan merasa lebih nyaman dan senang apabila kamu bertanya seperti itu, mereka lebih merasa dihargai dan dipeduliin sama kamu

BERI SOLUSI
Apabila sahabatmu membutuhkan saranmu , maka jangan sungkan-sungkanlah untuk memberi solusi padanya
itu saranku agar persahabatan kalian langgeng , silahkan dicoba

PELAJARI SEPERTI APA TIPE SAHABATMU
Ini yang sedikit agak sulit, kalau kamu punya sahabat banyak, kamu harus bisa tahu seperti apa karakter mereka masing-masing, pastilah berbeda. Jadi kamu harus berbuat atau menanggapi seperti apa enaknya kalu orang yang bertipe A, dan Orang bertipe B. dengan belajar dari kesalahan cara berteman kmu dengan teman yang dulu. jangan sampai kesalahan menyakiti hati teman atau membuat teman tidak suka denganmu yang sudah berlalu terulang kembali.

Mungkin segitu saja dari saya, semoga bisa membantu teman-teman untuk lebih menghargai seorang sahabat,

Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar