7 Candi Paling Megah Di Dunia

Candi Paling Megah Di Dunia

Shodik-uchiha.blogspot.com - Candi Paling Megah Di Dunia - Candi Merupakan Bangunan yang digunakan sebagai tempat ibadah dan pemujaan oleh orang-orang yang beragama Hindu atau Budha di Jaman lampau. 

Namun demikian, istilah 'candi' tidak hanya digunakan oleh masyarakat untuk menyebut tempat ibadah saja. Banyak situs-situs purbakala lain dari masa Hindu-Buddha atau Klasik Indonesia, baik sebagai istana, pemandian/petirtaan, gapura, dan sebagainya, disebut dengan istilah candi. 

Candi juga berasal dari kata “Candika” yang berarti nama salah satu Dewa kematian (Durga). Karenanya candi selalu dihubungkan dengan monumen untuk memuliakan Raja yang meninggal contohnya Candi Kidal untuk memuliakan Raja Anusapati, selain itu candi juga berfungsi sebagai:
  • Candi Stupa: didirikan sebagai lambang Budha, contoh candi Borobudur
  • Candi Pintu Gerbang: didirikan sebagai gapura atau pintu masuk, contohnya candi Bajang Ratu
  • Candi Balai Kambang / Tirta: didirikan didekat / di tengah kolam, contoh candi Belahan
  • Candi Pertapaan: didirikan di lereng – lereng tempat Raja bertapa, contohnya candi Jalatunda
  • Candi Vihara: didirikan untuk tempat para pendeta bersemedhi contohnya candi Sari
Candi-candi yang merupakan salah satu bangunan megah di Dunia ini, juga terdapat di seluruh dunia terutama di negara-negarayang mayoritas penduduknya di jaman dulu maupun di jaman sekarang adalah penganut agama Hindu atau Budha.

Berikut ini akan sedikit saya bagikan informasi dan foto 7 Candi Paling Megah di Dunia. Silahkan Di lihat Karya Arsitektur nenek moyang kita. .

1. Tiger's Nest Monastery, Bhutan

Tiger's Nest Monastery, Bhutan

Tiger’s Nest Monastery, terletak di ujung tebing setinggi 3.000 kaki di Lembah Paro, Biara ini adalah salah satu tempat paling suci di Bhutan. Legenda mengatakan bahwa Guru Rinpoche, Buddha kedua, terbang ke tebing dengan menunggangi Harimau Betina, dan kemudian bermeditasi di sebuah gua yang sekarang ada di dalam tembok biara.

2. Wat Rong Khun Chiang Mai, Thailand

Wat Rong Khun Chiang Mai, Thailand

Wat Rong Khun Chiang Mai, Thailand

Wat Rong Khun berada di Chiang Rai, Thailand, tidak seperti kuil Buddha lainnya di dunia. Warna dari kuil ini hampir keseluruhan berwarna putih dengan struktur yang sangat megah dengan gaya kontemporer yang khas. Kuil ini Ini adalah gagasan dari seniman Thailand terkenal Chalermchai Kositpipat.

3. Candi Prambanan, Indonesia.

Candi Prambanan, Indonesia.

Candi Prambanan, Indonesia.

Candi Yang terletak di perbatasan antara provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah. Candi hindu yang paling cantik di Indonesia ini, di bangun sekitar abad ke 9 masehi.

Candi ini dipersembahkan untuk Trimurti, tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wishnu sebagai dewa pemelihara, dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Berdasarkan prasasti Siwagrha nama asli kompleks candi ini adalah Siwagrha (bahasa Sanskerta yang bermakna 'Rumah Siwa'), dan memang di garbagriha (ruang utama) candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter yang menujukkan bahwa di candi ini dewa Siwa lebih diutamakan.

4. Shwedagon Paya (or Pagoda), Myanmar

Shwedagon Paya (or Pagoda), Myanmar

Shwedagon (nama resmi: Shwedagon Zedi Daw), juga dikenal dengan julukan Pagoda Emas, adalah sebuah stupa atau pagoda setinggi 98 meter (321,5 kaki) yang berlapis emas dan terletak di Yangon, Myanmar. Pagoda ini terletak di bagian barat Danau Kandawgyi, di bukit Singuttara, dan mendominasi pemandangan kota Yangon. Stupa buddhis ini adalah yang paling suci bagi bangsa Birma karena menyimpan relik Buddha terdahulu, yaitu tongkat Kakusandha, saringan air Konagamana, sepotong jubah Kassapa, dan delapan helai rambut Siddharta Gautama, Buddha historis. Tidak ada yang tahu persis kapan Shwedagon Pagoda di Myanmar dibangun-legenda mengatakan bahwa pagoda ini telah berumur 2.500 tahun walaupun para arkeologis memperkirakan bahwa pagoda ini dibangun antara abad ke-6 dan ke-10.

5. kuil surga di Beijing, China.
kuil surga di Beijing, China.

Temple of Heaven adalah sebuah kuil Tao di Beijing, ibukota Cina. Candi ini dibangun pada abad ke-14 oleh Kaisar Yongle dari Dinasti Ming (juga membangun Kota Terlarang) sebagai candi pribadinya, tempat ia akan berdoa untuk panen yang baik dan untuk menebus dosa-dosa umat-Nya.

6. kuil Chion - jepang.
Chion in adalah kuil tempat wisata kyoto jepang terletak di Higashiyama-ku, Kyoto City Jepang.Chion in terdapat di gunung Kachouzan.Di Chion in inilah tempat dimana orang Jepang sekitarnya melakukan upacara pernikahan,Upacara Kremasi.

7. Candi Borobudur, magelang Indonesia
 
Borobudur

Borobudur

Borobudur

Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha. Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang didalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

 Demikian Sedikit Info tentang 7 Candi paling megah Di Dunia. Terima Kasih

0 komentar:

Posting Komentar