Inilah 5 Monumen Misterius di Dunia



Monumen merupakan bangunan yang didirikan dalam rangkamemperingati jasa seorang tokoh, peristiwa yang bersejarah, dan sebagai tanda dari sebuah lokasi yang telah dianggap penting. Monumen sudah dikenal manusia sejak ribuan tahun yang lalusebagai suatu penanda sejarah, sebagai peringatan untuk generasi selanjutnya sampai berabad-abad tahun kemudian.  

Walaupun banyak monumen-monumen peninggalan nenek moyang kitayang masih bertahan, tapi banyak juga yang hanya tinggal puing-puingnya saja, sehingga sudah tidak ada lagi informasi yang dapat diperoleh tentang sejarah maupunpembuatan monument bersejarah tersebut. Para arkeolog dan peneliti mencoba memecahkan misteri ini.

Di bawah ini kami paparkan 5 monumen paling terkenal dan paling misterius di dunia seperti yang telah ditulis dari Web Urbanist. Dan di antaranya ada yang tergolong masih baru, karena dibangun di abad 20-an.

  • Chavin de Huantar, Peru


Chavin de Huantar merupakan situs bersejarah Negara Peru yang terdaftar dalam warisan dunia UNESCO. Chavin de Huantar berada didaerah pegunungan Andes adalah pusat peribadatan besar yang digunakan sejak 15 SM – 5 SM.

Pada saat itu manusia dari berbagai kebudayaan dan seluruh kerajaan yang ada di wilayah Peru dan sekitarnya berkunjung ke Chavin de Huantar ini untuk berdo‘a dan berziarah.

Cavin de Huantar
Chavin de Huantar merupakan sebuah karya seni pahat yang unggul dengan arsitektur dan dengan desain interior yang indah adalah situs bersejarah pra-Inca yang terkenal dan tertua.

Tidak ada yang tahu mengapa situs yang menjadi pusat keagamaan terbesar didaerah ini ditinggalkan oleh bangsa Chavin. Tapi para ahli sejarah mengemukakan teorinya bahwa hal ini disebabkan kemunduran dari bangsa Chavin itu sendiri.

Tapi ada juga yang mengemukakan pendapat  bahwa adaperebutan kekuasaan di faerah itu dan telah terjadi bencana alam yang besar yang dapat menjadi penyebab hancurnya situs tersebut.


  • Monumen Kota Kuno Zimbabwe Raya, Zimbabwe



Zimbabwe Raya merupakan reruntuhan kota kuno. Zimbabwe Raya dahulu adalah ibukota dari kerajaan Zimbabwe, yaitu sebuah kerajaan yang memiliki kebudayaan kuno dengan luas wilayah 722 hektar, dan berada pada jarak 30 kilometer dari kota Masvingo. Kerajaan ini berdiri dari tahun 1100 – 1400.

Situs ini dulunya diperkirakan sebagai titik pusat kerajaan. Daerah di sekitarnya dikelilingi tembok yang tingginya lima meter lebih, dan bangunan ini dibuat tanpa menggunakan semen atau campuran beton.


Reruntuhan dari monumen raksasa tersebut adalah struktur terbesar dan tertua yang telah ditemukan didaerah  selatan Afrika. Dan diperkirakan Zimbabwe Raya  sudah berusia  900 tahun. Zimbabwe Raya dahulu adalah daerah penghasil emas terbesar. Maka dari itu, daerah inimenjadi pusat perekonomian serta menjadiaktivitas warga padasaat itu.



Monumen Kota Kuno
Legenda menyebutkan bahwa situs tersebut merupakan tempat bertemunya para raksasa. Tapi dari hasil penelitian telah dibuktikan bahwa situs tersebut adalah buatan bangsa kulit hitam.

Menurut perkiraan, situs ini telah ditinggalkan oleh 18000 warga. Dan sampai sekarang masih belum dapat diketahui mengapa warga meninggalkan situs tersebut. Para ahli mengemukakan teorinya bahwa hal ini terjadi karena semakin menipisnya persediaan sumber daya alam, perubahan iklim, atau bisa juga karena masalah politik.

Monumen bersejarah yang dulunya termasuk ke dalam wilayah negara Rhodesia tersebut pernah menimbulkan  pertikaian. Diskriminasi dan rasisme terhadap bangsa kulit hitam menjadikan pemerintah Rhodesia  tidak  mengakui  kalau bangsa kulit hitam mampu membuat bangunan  raksasa dengan  arsitektur yang  sangat megah dan dibuat menggunakan  teknologi  yang tergolong  maju pada  zamannya itu.

Negara Rodesia berganti nama menjadi Zimbabwe pada saat negara ini melepaskan diri dari koloni Inggris. Zimbabwe berasal dari bahasa Shona, nama ini terinspirasi dari reruntuhan Zimbabwe Raya yang dikelilingi tembok raksasa. 

  • Georgia Guidestones, Amerika Serikat


Monumen yang berdiri pada tahun 1980 ini termasuk salah satu monument yang paling misterius di dunia. Kamu tahu mengapa? Karena struktur monument ini berbahan dasar granit dan berada di puncak tertinggi Elbert Country. Walaupun memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dari pada monumen prasejarah lainnya, akan tetapi situs bersejarah tersebut  menjadi sumber spekulasi dan bahan pembicaraan  oleh ahli teori konspirasi  dunia sampai saat ini.

Wikipedia menjelaskan bahwa monumen tersebut  disusun atas 4 lempeng granit yang berukuran besar. Pada lempeng granit tersebut termuat suatu pesan yang menggunakan 8 bahasa. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Yunani kuno, bahasa Sansekerta,  bahasa Arab, piktograf Babilonia kuno, dan tulisan hieroglif.


Georgia Guidestones

Tulisan tersebut berisi 10 pesan untuk semua umat manusia untuk melakukan hal-hal berikut:
Membuat suatu pemerintahan universal dan mengatur seluruh umat didunia dalam satu naungan yang dimiliki bersama.

  • Menjaga keseimbangan populasi antara alam dan manusia. Artinya jumlah penduduk dunia tidak boleh lebih dari lima ratus juta .
  • Adanya suatu peradaban manusia  yang berazaskan kebenaran, kebaikan,  kejujuran,  dan hukum yang adil.
  • Tetap bersemangat dalam menjalankan suatu kehidupan.


Monumen ini terletak padasisi bukit yang posisinya sejajar dengan posisi astronomiyaitu pada saat bulan, bintang utara dan matahari dalam posisi sejajar  pada saat tertentu.

Monumen ini juga dikenal dengan sebutan Stonehenge Amerika. Tidak diketahui secara pasti siapa pembuat monument ini sebenarnya. Tetapi sebelum monument ini berdiri, pada tahun 1979 ada seorang pria yang mengaku bernama R.C. Christian yang datang ke Elberton Granite Finishing Company dan menyatakan ingin membangun sebuah tugu sebagai penyampai pesan penting untuk seluruh umat manusia. Tetapi  nama R.C Christian ternyatanama palsu. Padaketerangan tentangmonumen tersebut hanya tertulis nama R.C Christian dan nama ini bukanlah nama yang sebenarnya dan ada sejumlah warga Amerika yang menunggu The Age of Reason.

Asal usul dan pendiri dari monumen yang miterius tersebut menyebabkan munculnya teory konspirasi. Ada yang berpendapat bahwa Georgia Guidestones dibangun oleh sekelompok pemuja setan, penyembah matahari, atau sekelompok manusia yang menginginkan suatu tatanan dunia yang baru.

Sedangkan The Age of Reason yang didirikan pada abad 16 merupakan pamflet yang isinya berupa pemikiran religious oleh revolusioner Amerika yang bernama Thomas Paine.


  • Moai Pulau Easter

Moai adalah patung yang berukuran raksasa dan berusia sekitar 400 tahun.  Moai ini berada di pulau Paskah, Chili yaitu berada di bagian selatan Samudra Pasifik. Pulau Paskah adalah salah satu dari pulau yang paling misterius di dunia dan masuk dalam situs warisan dunia UNESCO.

Moai pada umumnya terbuat dari batu karang vulkanik yang bisa ditemukan di wilayah Rano Raraku. Moai yang tersebar di pulau Paskah berjumlah sekitar 600 moai.  Banyak  misteri tentang situs megalitikum tersebut.


Moai

Tak ada yang bisa menyingkap misteri moai, apa arti dari nama moai yang diberikan untuk patung-patung tersebut. Tak ada yang tahu siapa pencipta moai, dan untuk apa moai ini dibuat. Hal ini hanya menjadi misteri semata. Tetapi ada beberapa moai yang terdapat huruf-huruf hieroglif yang mungkin bisa jadi petunjuk mengenai patung-patung moai dan penduduk pulau Paskah yang mungkin sebagai pembuat moai. Tetapi meski demikian, belum ada arkeolog yang bisa membaca tulisan hieroglif tersebut. Yang lebih mengherangkan lagi, bagaimana cara pembuat moai memahat batu monolit yang beratnya berton-ton tersebut dan bagaimana caranya menyebarkan ke seluruh pulau. Ini sangat unik karena ternyata batu monolit yang berukuran raksasa tersebut sama sekali tak ditemukan di pulau Easter, tetapi hanya ditemukan di daerah Rano Raraku sedangkan di pulau tersebut tidak ditemukan artefak alat angkutan apapun.


  • Monumen Yonaguni, Jepang


Wikipedia menyatakan bahwa monument Yonaguni merupakan formasi dari batu-batu raksasa. Bebatuan ini ditemukan di dasar laut disekitar Pulau Yonaguni, Jepang. Stuktur dari monumen ini menjadi tanda tanya mengenai asal usulnya karena tampak seperti piramida berundak milik bangsa Maya dan Inca.

Monumen Yonagumi


Para ahli ada yang menyatakan teori bahwa struktur dari monument tersebut berasal dari batu besar yang dimodifikasi manusia. Tetapi ada juga yang menyatakan bahwa bahwa monument Yonaguni adalah murni dari kreasi alam.

Monumen Yonaguni terletak di bawah laut. Ada teori yang menyatakan kalau pada ribuan tahun yang lalu monumen ini berada di daratan, namun karena adanya bencana banjir yang sangat besar sehingga mampu menenggelamkan monumen tersebut.   

Ada yang meyakini kalau situs tersebut merupakan peninggalan dari kebudayaan bangsa Mu, yaitu peradaban utopis yang hancur akibat gelombang Atlantis.







Demikianlah beberapa informasi mengenai 5 monumen yang masih dalam status misterius. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan kamu mengenai sejarah dan misteri tempat-tempat di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar