PENEMUAN SPESIES FOSIL REPTIL BARU DI LAUT SCOTLANDIA BERUSIA 170 JUTA TAHUN

Penemuan Spesies Fosil Reptil Baru Di Laut Scotlandia Berusia 170 Juta Tahun


Penemuan, Spesies, Fosil, Reptil, Baru, Di, Laut, Scotlandia, Berusia,170,Juta,Tahun
Para ahli Palaeontologi memberikan nama Dreamcmhara pada mahluk ini yang diambil dari bahasa Gaelic.

- Sebuah spesies baru reptil laut berusia sekitar 170 juta tahun yang lalu telah diindefikasikan  dari fosil di kepulauan Skype, Scotlandia.

Dengan panjang dari moncong hingga ekor sekitar 14 ft (4,2 m) reptil ini memburu ikan dan reptil lainnya di laut dangkal yang hangat di sekitar Scotlandia pada Periode Jurassic.

Ahli Palaeontolog memberikan nama mereka Dearcmhara, sebuah nama dalam bahasa Gaelic untuk mencerminkannya dengan kepulauan Hebrides.

Sebuah tim ahli Palaeontologi yang di pimpin oleh University of Edinburg dan Museum untuk mempelajari fragmen fosil tengkorak, gigi, tulang dan tulang lengan atas fosil Dearcmhara yang ditemukan di Kepulauan Skype selama 50 tahun terakhir ini.

Selain Fosil Dearcmhara, Para ahli juga telah mengindetifikasi beberapa contoh hewan air yang telah punah seperti ichthyosaurus yang hidup pada awal periode Jurassic Tengah termasuk spesies-spesies baru.

Spesies bernama Dearcmhara Shawcrossi yang dalam bahasa Gaelic adalah Kadal ditemukan oleh seorang kolektor bernama Brian Shawcrossi pada tahun 1959.

Penemuan, Spesies, Fosil, Reptil, Baru, Di, Laut, Scotlandia, Berusia,170,Juta,Tahun
Kepulauan Skype adalah salah satu tempat yang banyak ditemukan fosil dari periode Jurassic Tengah.

Dr. Steve Brusatte dari University of Edinburg School of Geosciences yang memimpin penelitian ini  mengatakan,"Selama masa dinosaurus, di perairan dangkal Scotlandia banyak berkeliaran reptil-reptil besar seukuran kapal motor, Fosil mereka sangat langka dan baru sekarang untuk pertama kalinya kami telah menemukan fosil-fosil baru yang unik ini di perairan Scotlandia,"

Dia menambahkan,"Tanpa kebaikan hati kolektor yang telah menemukan fosil-fosil ini yang telah menyumbangkannya ke museum kita tidak akan pernah tahu bahwa hewan-hewan menakjubkan ini pernah ada,"

Penelitian itu dilakukan oleh sebuah kelompok yang melibatkan University of Edinburg, Museum Nasional Scotlandia, Universitas Museum Hunterian Glasgow, Scotlandia National Heritage dan Staffin Museum Kepulauan Skype.

Dr. Nick Fraser dari Museum Nasional Scotlandia mengatakan "Bukan hanya penemuan ini saja yang istimewa, tetapi ini adalah awal yang baik dari sebuah kerjasama yang besar yang melibatkan para ahli paleontologi di Scotlandia,"

Selama periode Jurassic, Kepulauan Skype terletak di bawah laut yang merupakan salah satu tempat didunia dimana fosil-fosil dari periode Jurassic Tengah banyak ditemukan.

Pada tahun 2008, para ilmuwan mengungkapkan bahwa telah ditemukan pula kura-kura paling kuno telah ditemukan di kepulauan Skype. Fosil reptil yang diperkirakan berusia 164 juta tahun yang lalu itu ditemukan di pantai Cladach a'Ghlinne di semenanjung Strathair di kepulauan Skype bagian Selatan.

Spesies baru memeiliki hubungan yang telah hilang antara kura-kura darat kuno dan modern yang hidup di air.


Sumber: bbc.com


 




    
 

     


0 komentar:

Posting Komentar